Melongok Isi komputer

Ketahui komponen-komponen di dalam komputer Anda, tentunya tidak perlu dengan membongkar PC Anda. Windows menyediakan fasilitas yang mudah Anda operasikan.
Selama ini Anda telah menggunakan PC Anda, dan mesin tersebut begitu cekatan merespon perintah-perintah Anda. Tapi, pernahkah Anda melihat-lihat apa yang ada dalam komputer Anda?
Bagi Anda yang merasa penasaran mengenai apa saja yang terkandung di dalamnya, ada berbagai program yang disediakan Windows yang bisa membantu Anda. Dengan menggunakan Windows 95 atau versi sesudahnya, Anda akan bisa mengetahui seberapa banyak memori yang Anda punyai, berapa besarnya hard disk dan sisa ruangnya, komponen-komponen apa saja (misalnya modem, graphics card atau lainnya) yang ada di dalam komputer, bagaimana kesemuanya terkoneksi dan apakah ada persoalan dengan semua itu.
Langkah-langkah ini mungkin bisa membantu apabila Anda perlu meng-upgrade sesuatu dalam PC Anda. CA FARID
LANGKAH 1 Klik tombol kanan mouse Anda pada icon [My Computer] di desktop Anda. Dari menu yang muncul, pilih [Properties]. Dialogue box bernama System Properties akan muncul. Ada empat tab yang tersedia di sini. Tab [General] ditampilkan sebagai default. Bagian ini menunjukkan kepada Anda versi Windows yang Anda operasikan, tipe prosesor yang Anda gunakan, dan seberapa besar memorinya. Kalau Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai memori Anda, klik saja tab [Performance]. Ini menunjukkan kepada Anda berapa besar memori yang tersedia di bawah bagian System Resources.
LANGKAH 2 Kemudian, klik pada tab [Device Manager] yang terletak di bagian atas dialogue box. Daftar penuh mengenai komponen-komponen utama komputer Anda akan ditampilkan. Kliklah tanda [+] yang terletak di sebelah kiri setiap item, untuk mengetahui lebih jauh kandungan masing-masing item. Dalam contoh kali ini kita klik [+] pada Modem, yang tentunya untuk melihat tipe modem yang digunakan oleh komputer Anda. Dengan memilih tipe modem yang ada dalam daftar dan mengeklik tombol [Properties], akan muncul dialogue box baru yang menampilkan informasi khusus tentang modem tersebut. Dialogue box ini memiliki sejumlah tab. Jika Anda sudah selesai dengan informasi mengenai modem itu, klik saja tombol [Cancel]. Dan kalau Anda pun sudah selesai dengan System Properties, klik lagi tombol [Cancel].
LANGKAH 3 Jika Anda ingin mengetahui ukuran hard disk Anda dan seberapa banyak ruang yang tersisa dalam hard disk, klik dobel pada icon [My Computer] di desktop. Pada jendela yang muncul, klik kanan pada hard disk Anda yang biasanya bersimbol [C:]. Ketika sebuah dialogue box terpampang, klik tab [Properties] dan dialogue box yang lain lagi akan muncul. Lihat pie chart yang menunjukkan ukuran hard disk Anda dan besar ruang yang tersisa. Ukuran dan jumlah ruang yang terpakai dan yang belum terpakai ditampilkan dalam megabyte (Mb) atau gigabyte (Gb). Klik tombol [Cancel] bila Anda sudah selesai dengan dialogue box ini.
LANGKAH 4 Lantas, klik menu [Start] di bagian kiri bawah desktop Anda dan pilih [Run]. Sebuah dialogue box kecil akan muncul. Ketikkan "msinfo32" dalam boks kecil Open dan klik tombol [OK]. Sebuah program bernama Microsoft System Information akan terbuka. Program ini mengandung segala informasi mengenai komputer Anda beserta komponen-komponennya. Pastikan kata "System Information" di bagian kiri atas layar terblok. Coba Anda perhatikan keterangan di bagian kanan layar. Ini sama dengan informasi yang ditampilkan dalam Langkah 1, yang Anda lihat melalui dialogue box System Properties di bawah tab General.
LANGKAH 5 Jika ada masalah dengan bagian-bagian di komputer Anda, Microsoft System Information memberi tanda terang pada nama yang mewakili bagian tersebut. Expand saja daftar Hardware Resources dengan mengeklik tanda [+] yang terdapat di kirinya, dan kemudian klik [Conflicts/Sharing]. Permasalahan IRQ akan ditampilkan dalam warna merah di bagian kanan layar. Klik [+] pada Components lalu klik [Problem Devices]. Dalam contoh yang kami tunjukkan di sini, ada masalah dengan "secondary IDE controller". Untuk mengetahui lebih jauh mengenai informasi berkait persoalan tersebut, klik saja opsi [Basic Information], [Advanced Information] dan [History] di dekat bagian paling atas pada layar.
LANGKAH 6 Untuk mengetahui program apa yang berjalan secara otomatis ketika Anda memulai PC Anda, dan program apa yang sedang dioperasikan, klik tanda [+] di sebelah kiri Software Environment. Dari daftar yang muncul, pilih [Startup Programs] untuk melihat program yang secara otomatis beroperasi di saat Anda menghidupkan komputer. Pilih [Running Tasks] untuk mengetahui program apa yang kini sedang beroperasi. Anda perlu me-maximise tampilan jendela (klik tombol kotak yang terdapat di bagian kanan paling atas pada jendela) untuk melihat keseluruhan informasi. Bila Anda sudah merasa cukup dan hendak mengakhiri penggunaan Microsoft System Information, klik tanda [x] yang terdapat di bagian kanan paling atas untuk menutupnya.
LANGKAH 7 Program terakhir yang memberikan informasi tentang komputer Anda adalah Dxdiag. Klik menu [Start] dan pilih [Run]. Ketikkan kata 'dxdiag' dan klik [OK]. Sebuah program bernama DirectX Diagnostic Tools akan terbuka. Perlu Anda ketahui, DirectX dikembangkan oleh Microsoft untuk menyederhanakan cara software menggunakan graphics card dan sound card. Dari sini Anda dapat mengetahui detil mengenai monitor Anda (tab Display) dan komponen-komponen audio (tab Sound dan Music). Anda juga bisa menguji sejumlah komponen lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: