Merawat disket supaya awet

Walaupun saat ini telah hadir beragam perangkat media penyimpanan data seperti zipdrive, CD-RW, dan lain-lain, Fungsi dari disket ternyata belum tergantikan. walau kapasitasnya hanya terbatas tapi perngkat ini dirasa cukup ampuh dan masih banyak digunakan baik untuk pribadi maupun untuk di sekolah.
Pernyataannya adalah…. Apakah kita sering merawatnya..??
Selama ini tidaklah terpikir oleh kita, dan tidak salah jika kita merawat disket supaya tahan lama, apalagi didalamnya terdapat data-data yang cukup penting.
Dan ternyata … merawat disket ngga`sulit kok,asal tau caranya .
Beginilah cara yang paling efektif supaya disket tidak cepat rusak!
Jangan tertindih benda berat
sering kali tanpa sadar kita menidih disket dengan buku atau yang lainnya, atau menyimpan ditangah-tengah buku. Bisa jasi kondisi ini akan menyebabkan plastik pembungkus disket menekan penekan permukaan disket dan menggoresnya sehingga menimbulkan bad sector
Hindari dari benda- benda yang mengandung magnet
supaya awet hindari benda-benda yang mengandung magnet atau pun yang memancarkan gelombang electromagnet misalnya: telepon, HP, speaker computer dll.
Hati-hati menulis label pada disket
Jika kita ingin memberi label tulislah terlebih dahulu pada permukaan yang rata, baru deh.. kita menempelkan kedisketnya. Menulis pada label yang telah menempel apalagi sampai menekannya bisa jadi aka merusak permukaan disket.
Simpan disket pada kotak khusus
Memasukksn disket kedalam disk drive dengan wajar
Jangan buru-buru atau ceroboh, tunggu lampu kecil(LED) disk drive mati sebagai tanda bahwa data sudah tersimpan. Memasukksn dan mengeluarkan disket kedalam disk drive dengan kasar dapat merusak disket, bahkan disk drive bisa rusak kalo kamu-kamu sering ngelakuin hal itu… so hati-hati ya…!
Jangan terlalu serng memformat ulang disket
Jika tidak terlalu darurat pakailah disket yang baru, hampir sama seperti Hardisk , disket juga bisa Ausjika kita sering memformat ulang .
Jangan menyentuh pemukaan disket
Jangan suka iseng menggeser besi penutup disket dan menyentuh permukaan disket. Sebab debu dari tangan kita akan menempel dan bisa merusak permukaan disket, Alhasil data yang ada ngga` bisa kebacabahkan disket rusak samasekali
Jauu..hkan dari udara panas dan lembab
Panas dapat menyebabkna diskel melengkung dan data-data penting pun bisa rusak
Jangan biarkan disket tersimpan lama
Walaupun tersimpan rapi dan bersih ,sering-seringlah mengecek disket yang udah lama tersimpan. Apalagi tersimpannya sudah bertahun-tahun yang lalu, atau berabad-abad yang lalu. pemeriksaan ini juga dapat berguna kalo terdapat kotoran atau jamurjamur yang menempel .
Hindari manjalankan Aplikasi langsung dari disket
Kebiasaan seperti ini terutama untuk aplikasi Word dan exel. Supaya disket tetap prima, sebaiknya copy dulu file kedalam hard disk baru kemudian jalankan aplikasinya. Bukannya apa-apa,permukaan disket sangat lah tipis untuk ditulis ulang sekaligus ,sehingga disket akan mudah rusak kalokita sering menggunakn aplikasi secara langsung dari disket
Scan Disk disket secara teratur
Scan disket dengan menggunakan program Antivirus secara teratur
Hal ini wajib dilakukan…!!!jika kita sering erganti-ganti computer terutama di rental-rental computer, karena virus dapat menyebar melalui disket selainitu data juga bisa ilang karena Boot record disket kena Virus
Rajinlah membersihkan Head pada Disk drive
Proses pembacaan dan penulisan lambat pada diskdrive..??ini mungkin head disk drivenya kotor. So… bersihkan disket dengan cairan khusus yang dapat kita beli di took buku terdekat dikota anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: